Memperpanjang Paspor Indonesia di Luar Negeri


Berikut pengalaman saya memperpanjang paspor di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Guangzhou pada tanggal 25-27 April 2016.

Siapa yang Boleh Memperpanjang Paspor di Luar Negeri?
Satu hal yang perlu diketahui adalah: tidak sembarang orang diperbolehkan memperpanjang paspor di luar negeri. Saat memperpanjang paspor ini, saya tengah studi pada semester terakhir di Guangzhou, jadi sebenarnya saya tidak boleh melakukan perpanjangan paspor saya di sini karena perpanjangan paspor untuk pelajar hanya diizinkan untuk mereka yang masih akan melanjutkan studi pada semester berikutnya.

Paspor saya berlaku hingga bulan November 2016 – artinya, saya hanya bisa menggunakan paspor ini untuk bepergian hingga bulan Mei 2016 – sedangkan studi saya akan berakhir pada bulan Juli 2016. Berakhirnya studi saya ini yang pada awalnya menjadi penghalang saya melakukan perpanjangan paspor.

Ada satu alasan saya diperbolehkan memproses perpanjangan paspor saya, yaitu karena saya perlu menghadiri sebuah konferensi di luar Tiongkok pada bulan Juni 2016. Untuk ini, saya perlu melampirkan surat undangan konferensi tersebut sebagai bagian dari berkas perpanjangan paspor saya.

Dokumen-Dokumen
Untuk melakukan perpanjangan paspor, berikut adalah dokumen-dokumen yang saya perlu serahkan kepada KJRI Guangzhou:

  1. Paspor asli.
  2. Fotokopi setiap halaman dari paspor lama yang berisi informasi dan terpakai.
  3. Fotokopi KTP.
  4. Fotokopi kartu keluarga.
  5. Fotokopi kartu pelajar.
  6. Fotokopi akte kelahiran.
  7. Surat keterangan studi dari sekolah.
  8. Fotokopi surat ganti nama nama kedua orang tua.
  9. Empat lembar pas foto ukuran 4×5, dengan latar belakang berwarna putih, tanpa kacamata.

Semua dokumen di atas saya serahkan pada kertas berukuran A4 yang tidak dipotong kecil.

Selain itu, karena saya membutuhkan dispensasi, saya juga melampirkan surat permohonan dari sekolah agar saya diizinkan memperpanjang paspor di Guangzhou untuk menghadiri konferensi.

Saat ini KJRI Guangzhou melayani penerimaan dokumen perpanjangan paspor pada hari Senin-Jumat, pkl. 09.00-12.00. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Prosedur Hari Pertama

  • Pertama, pastikan Anda sudah melakukan Lapor Diri WNI. Ini bisa dilakukan pada situs http://lapordiriwni.cn/ tetapi saya selalu gagal mengisikan data diri di sini sehingga pada akhirnya saya harus mengisikan data diri secara manual saat pertama kali datang ke KJRI Guangzhou.
  • Kedua, petugas KJRI memeriksa berkas-berkas saya. Ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit karena berkas-berkas yang saya serahkan diperiksa secara detail, lalu bagian-bagian yang penting distabilo.
  • Ketiga, berkas-berkas dikembalikan ke saya beserta sebuah formulir untuk saya isi. Di sini petugas KJRI memberikan pelayanan yang sangat baik. Saya diberikan penjelasan sangat detail, termasuk bagian mana dari berkas-berkas yang saya serahkan (yang sudah distabilo saat pemeriksaan) yang perlu saya salinkan ke berkas pengajuan perpanjangan paspor. Saya kira saya memerlukan sekitar 15 menit lagi untuk mengisi formulir ini.
  • Keempat, saya menyerahkan semua berkas kembali kepada petugas KJRI kecuali paspor asli saya. Sebagai gantinya, saya diberikan selembar surat keterangan ukuran A5 untuk melakukan pembayaran senilai CNY 228 melalui China Bank (中国银行) yang terletak di dekat KJRI.
  • Kelima, saya ke bank untuk melakukan pembayaran. Di sini saya terkena antrean yang sangat panjang. Jadi ini mungkin salah satu faktor yang perlu diperhatikan saat melakukan perpanjangan paspor. Layanan di KJRI memang efisien, tetapi prosedur pelayanan bank di Tiongkok tidak. Pada akhirnya saya membutuhkan waktu 1,5 jam untuk mengantre di bank dan baru bisa kembali ke KJRI sekitar pkl. 12.20, saat KJRI sudah istirahat makan siang. Untungnya petugas berbaik hati masih mau membukakan pintu KJRI yang sudah terkunci dan menerima berkas-berkas saya.
  • Keenam, saya kembali ke KJRI untuk menyerahkan bukti pembayaran tadi beserta paspor asli saya.
  • Ketujuh, petugas KJRI melakukan pengambilan foto diri saya untuk dicetak di paspor serta melakukan pemindaian kesepuluh sidik jari saya.

Dengan demikian selesailah prosedur pada hari pertama. Tidak ada dokumen yang diserahkan oleh KJRI dan juga tidak ada dokumen yang perlu dibawa untuk pengambilan paspor. Saya melalui prosedur pertama ini pada hari Senin, 25 April 2016 dan diberitahukan bahwa paspor baru saya bisa diambil pada hari Rabu, 27 April 2016 pkl. 14.30.

Tidak Ada Paspor Biometrik
Perlu diketahui bahwa saat ini tidak ada paspor biometrik yang tersedia untuk perpanjangan di luar Indonesia. Jadi, jika Anda melakukan perpanjangan paspor di luar negeri, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan paspor non-biometrik.

Biaya CNY 228 yang saya bayarkan di atas adalah untuk paspor non-biometrik 48 halaman.

Prosedur Hari Ketiga
Pada hari ketiga saya datang untuk mengambil paspor. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, kedua paspor diberikan kepada saya beserta dua set formulir.
  • Kedua, saya perlu mengisikan sejumlah data secara manual pada halaman belakang paspor baru saya. Di sini pun petugas memberikan penjelasan yang sangat detail tentang informasi mana yang perlu saya isikan sehingga tidak ada kebingungan sama sekali.
  • Ketiga, saya menandatangani salah satu berkas dan mengisi formulir umpan balik.
  • Keempat, semua berkas dan paspor-paspor saya serahkan kembali kepada petugas yang lalu memproses ulang paspor baru saya.
  • Kelima, paspor baru saya diserahkan kepada saya dan proses ini pun selesai.

Total saya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk pengambilan paspor. Pelayanan yang baik dan efisien.

Rujukan Resmi
Informasi ini saya tuliskan sekedar untuk berbagi pengalaman dan tidak dimaksudkan sebagai rujukan resmi. Beberapa informasi yang membantu saya dalam mendapatkan sejumlah informasi yang mungkin juga bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s