Sir atau Mister?


“Buy me, Sir! Buy me!” teriak banyak anak penjaja dagangan di daerah Kuta. Ini bukan tempat perdagangan anak. Mereka sebenarnya tengah menjajakan dagangan mereka. Dengan berseru “Buy me!” mereka ingin mengatakan “Beli dagangan saya!” Dengan kemampuan bahasa seadanya anak-anak ini mencoba berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Hasilnya? Seringkali menggelitik.

Orang Prancis dalam abad XX punya istilah mereka sendiri untuk fenomena ini: petit nègre alias “negro kecil” – penggunaan bahasa Prancis sekenanya oleh anak-anak penduduk lokal di daerah-daerah jajahan Prancis yang menghasilkan bahasa Prancis kacau-balau yang menimbulkan reaksi antara tawa cemoohan dan iritasi.

Kembali ke anak-anak penjaja dagangan di Kuta tadi. Bukan hanya mereka yang berusaha berbicara dalam bahasa Inggris. Di ibukota Jakarta pun kita kian banyak menjumpai bahasa Inggris di mana-mana. Penetrasi bahasa Inggris di ibukota ini menarik. Seorang Inggris yang datang ke Jakarta dan terlibat dalam serangkaian rapat maraton dengan para profesional, birokrat, dan pejabat menyampaikan observasinya:

Bahasa Inggris digunakan secara luas di Jakarta, tetapi kualitasnya mengkhawatirkan. Orang-orang bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, tetapi hanya pada tingkat yang minimum.

Saya pernah mengulas tentang “safe” dan “save”. Salah satu hal lain yang menggelitik adalah: kapan kita memakai “Sir” dan kapan kita memakai “Mister”.

“Sir” mempunyai dua arti:

  1. Sapaan, misalnya “Good morning, Sir” untuk menyapa selamat pagi, “Dear Sir,” untuk mengawali surat, “Sir, could you help me?” untuk meminta bantuan.
  2. Gelar kebangsawanan Inggris yang digunakan di depan nama, misalnya Sir Alex Ferguson, Sir Arthur Conan Doyle, Sir Elton John.

Jadi, tidak tepat menyapa Bapak Budi dengan “Sir Budi” kalau dia bukan seorang bangsawan Inggris. Untuk keperluan ini kata yang tepat dipakai adalah “Mister”: “Mr. Budi”. Selama sapaan itu diikuti oleh nama, maka gunakanlah “Mr.”

Semoga ini membantu Anda berbahasa Inggris lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s