HBD Y GBU WUATB


Kalau Anda mempublikasikan tanggal ulang tahun Anda di Facebook, Anda tentu tahu betapa tak bermaknanya banyak ucapan selamat ulang tahun yang disampaikan melalui Facebook. Kenapa demikian? Karena Facebook membuat pengucapan selamat itu begitu mudah. Informasi semua “teman” yang berulang tahun pada hari itu ditayangkan di pojok kanan atas laman Facebook kita, lantas ketika diklik, semua nama “teman” yang berulang tahun akan muncul berderet, masing-masing diikuti satu kotak kecil di bawahnya untuk menuliskan ucapan selamat kita. Selain itu, walaupun Anda tidak mempublikasikan tanggal ulang tahun Anda, ketika beberapa orang menuliskan ucapan selamat, Facebook akan mengagregatkannya, lalu menampilkannya secara lebih dominan pada bagian atas laman kita.

Nah, cobalah menjelajahi laman demi laman Facebook orang-orang yang sedang berulang tahun itu. Banyak di antaranya hanya berisi huruf-huruf yang biasanya merupakan permutasi dari antara:

  • HBD
  • Y
  • GBU
  • WUATB

Ucapan selamat yang disampaikan dengan cara yang sesingkat mungkin, dengan upaya seminim mungkin, dan mungkin sekali tanpa sedikit pun sang pemberi ucapan mengetahui kepada siapa dia sedang memberikan ucapan selamat, apakah benar itu hari ulang tahunnya, dan apa yang sedang menjadi beban pergumulan orang itu sehingga “WUATB” semacam apa yang dia perlu doakan untuk orang yang konon tengah berulang tahun itu. Entah apakah ada sedikit pun makna dan perhatian di balik huruf-huruf singkat itu yang mungkin diketik hanya secara responsif. Beberapa kejadian super-konyol membuktikan dugaan saya ini.

Seorang kenalan berulang tahun pada tanggal 3 Mei. Entah bagaimana, pada tanggal 5 Maret, ada 1-2 orang yang mulai memberikan ucapan selamat kepada beliau pada laman Facebooknya. Banyak orang mengikuti. Sang kenalan lalu memberikan pengumuman pada lamannya dengan status, “Teman-teman, terima kasih atas ucapan selamatnya. Hari ini BUKAN hari ulang tahun saya. Ulang tahun saya adalah tanggal 3/5, bukan 5/3.” Lalu, apa yang terjadi? Ada lagi orang yang memberi komentar pada status itu, “Waaah … ulang tahun ya … happy belated birthday yaaa … GBU. WUATB.” Halo? Tok, tok!

Dalam kasus lainnya, sebuah akun FB telah non-aktif beberapa waktu. Sang kawan ini sudah tidak pernah memasang status baru, tidak pernah mengunggah foto baru, tidak ada kejadian apa pun pada akun FB-nya. Kenapa? Karena dia telah meninggal dunia. Ketika mengunjungi laman Facebook kawan ini, Anda akan menemui bahwa komentar-komentar terakhir pada laman Facebooknya adalah serentetan ucapan duka dan pernyataan bela sungkawa dari handai-taulan dan teman-teman atas kematian kawan ini. Ketika hari ulang tahunnya tiba, apa yang terjadi? Di atas ucapan duka dan pernyataan bela sungkawa itu, tetap saja ada orang-orang yang memberikan ucapan-ucapan seperti, “HBD Y! GBU!”

Saya yakin hampir semua pemberian ucapan selamat melalui media sosial ini hampa dari perhatian yang tulus dan datang dari hati. Para pemberi ucapan selamat hanya berespons terhadap stimulus yang disodorkan oleh Facebook. Tak jauh berbeda dari anjing-anjingnya Pavlov yang segera bercucuran air liur hanya karena mendengar bunyi bel.

Pada tahun 2010, saya men-set tanggal 7 Desember yang adalah hari libur nasional sebagai tanggal “ulang tahun” saya di Facebook. Anda tahu apa yang terjadi? Pada pagi hari saya dibangunkan oleh telepon untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Sepanjang hari itu, saya menerima 200-an ucapan selamat melalui Facebook, 30-an SMS dan beberapa belas telepon. Tidak hanya sampai di situ, hingga beberapa minggu sesudahnya, beberapa kali saya berpapasan dengan kenalan di berbagai kesempatan, mereka mengucapkan, “Wah, baru ulang tahun ya? Selamat ya!” Efek Facebook yang luar biasa!

Kalau berani, coba Anda hapuskan tanggal ulang tahun Anda dari Facebook. Anda akan tahu berapa banyak orang yang benar-benar memenuhi kualifikasi pribadi untuk mengatakan kepada Anda, “WUATB!”

2 thoughts on “HBD Y GBU WUATB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s