Tuhan Adalah Raja, tetapi Saya Perdana Menterinya


Hari Rabu kemarin kita sudah mulai memasuki masa 40-hari persiapan Paskah. Beberapa gereja memulainya dengan ritual Rabu Abu. Beberapa komunitas tradisional mendahului Rabu Abu dengan Selasa Lemak (alias Mardi Gras). Banyak umat akan berpuasa dalam masa persiapan Paskah ini. Pertanyaannya: Anda akan berpuasa dari apa kali ini?

Umat bisa memilih dia akan puasa dari apa dan pilihannya biasanya menunjukkan hal-hal yang paling adiktif baginya. Karena itu, tak heran bila yang lazim – dan yang akibat salah kaprah kemudian dianggap wajib – adalah puasa dari daging dan dari rokok. Karena itu tak heran juga bila ada yang menggunakan istilah “puasa daging”. Masalahnya, jika Anda tak kecanduan rokok dan tak tergila-gila makan daging, puasa ini menjadi tak bermakna. Bagaimana membuat masa puasa Paskah kali ini menjadi lebih bermakna?

Saya menyarankan agar Anda memulai proses ini dengan mengevaluasi diri secara jujur dan melihat hal-hal yang membuat Anda kecanduan. Beberapa hal yang bisa saya sarankan sebagai pilihan jawaban:

  • Facebook dan situs jejaring sosial lainnya.
  • Handphone dan BBM.
  • Berita (membaca koran, mendengar siaran TV).
  • Hangout dan windows shopping.

Esensi dari masa puasa ini adalah bercermin dan mencoba mengenali apa saja dalam hidup kita yang membuat kita menjadi obsesif, hal-hal yang membuat kita merasa, “Gue ga bakal bisa hidup tanpa benda ini!” Kenapa? Karena secara praktis, apa pun yang membuat kita obsesif telah menjadi Tuhan kita.

Masa 40-hari persiapan Paskah adalah saatnya kita mengevaluasi kembali hidup kita: benarkah Tuhan masih menjadi Tuhan atas hidup kita? Atau, jangan-jangan dia hanyalah Tuhan yang seremonial: Dia menduduki takhta raja, tetapi kita menduduki kursi perdana menteri. Jika Anda berpuasa dalam masa puasa Paskah ini, apa komitmen Anda: akan puasa dari apa saja dalam masa 40-hari ini? Silakan share di bawah … :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s